Trik Cerdas Mendapatkan Modal Bisnis Tanpa Berhutang di Bank

Trik Cerdas Mendapatkan Modal Bisnis Tanpa Berhutang di Bank



Banyak jalan menuju Roma, pepatah tersebut memang sangat tepat untuk menjadi inspirasi dalam berbisnis terutama tentang mendapatkan modal. Jika sering kali Anda ketahui para pebisnis memilih berhutang untuk mendapatkan suntikan dana untuk modal bisnisnya, ternyata masih banyak cara lain untuk mendapatkan modal tanpa harus meminjam uang di Bank.
Meminjam sejumlah uang di Bank memang realtif lebih mudah dan cepat, namun juga memiliki konsekuensi yang tidak ringan pula. Salah satu konsekuensinya adalah bunga pinjaman yang kian hari kian mencekik dapat berpotensi membuat kondisi finansial Anda terancam.
Anda tidak perlu khawatir karena berhutang pada Bank bukan cara satu-satunya. Jika Anda sangat berniat untuk memulai bisnis, Anda dapat melakukan beberapa trik cerdas untuk mendapatkan modal bisnis tanpa bantuan Bank.
1. Menabung
Salah satu cara paling sederhana dalam menghimpun dana untuk modal usaha adalah dengan menggunakan uang pribadi. Selain cara ini yang sangat mudah, Anda juga menghadapi resiko yang sangat kecil karena yang Anda pakai adalah uang tabungan pribadi yang bebas bunga pinjaman.
Sehingga, jika bisnis yang Anda jalankan belum mendapat keuntungan yang ditargetkan Anda tidak perlu risau untuk membayar cicilan untuk membayar bunga. Menabung merupakan cara teraman dalam mendapatkan modal bisnis karena Anda dapat memulainya sejak jauh-jauh hari dengan menyisihkan sebagain uang dari gaji bulanan Anda. Dengan penuh konsistensi Anda dapat memiliki modal yang Anda butuhkan dalam waktu yang tidak begitu lama.
2. Manfaatkan Aset Pribadi
Aset merupakan harta terpendam berupa benda berharga Anda yang memiliki nilai yang dapat bertransformasi menjadi uang. Dengan begitu, Anda dapat menjadikan aset-aset milik Anda sebagai cara singkat mendapatkan modal untuk berbisnis.
Demi mendapatkan sesuatu yang diidamkan bukankah sewajarnya memerlukan pengorbanan? Aset Anda inilah yang patut menjadi penolong untuk Anda mewujudkan impian memiliki bisnis yang selama ini dicita-citakan. Aset yang Anda jadikan modal hanya bersifat sementara karena dalam berbisnis perputaran uang akan relatif cepat, jadi Anda tidak perlu khawatir karena nantinya jika bisnis Anda sukses aset yang Anda pakai akan segera terganti bahkan dengan yang lebih besar nilainya.
Contoh aset yang dapat Anda jadikan modal ialah seperti kendaraan seperti mobil dan motor, peralatan elektronik seperti mesin cuci, televise, gadget, tas dan sepatu yang jarang dipakai serta banyak lainnya. Yang perlu Anda perhatikan adalah pastikan barang-barang tersebut sudah jarang dipakai dan nilainya sesuai dengan kebutuhan Anda.
3. Gadai Barang Berharga
Jika Anda masih belum begitu rela melepas barang-barang pribadi untuk dijadikan modal bisnis, Anda dapat menggadaikannya. Pegadaian semacam menjadi oase di padang gurun yang tandus dan panas. Saat Anda membutuhkan modal untuk berbisnis pegadaian dapat menyediakan dana secara cepat dan mudah.
Jika Anda menempuh cara ini, Anda dapat sekedar “menginapkan” barang berharga milik Anda pribadi untuk beberapa lama sebelum ditebus kembali. Bagi Anda yang belum memahami mengenai sistem gadai, Anda dapat bernafas lega karena barang-barang yang Anda gadai terjamin keamanannya. Selain itu, bunga yang dibebankan juga relatif kecil sehingga tidak membebani Anda di kemudian hari.
Yang perlu Anda perhatikan dalam proses ini adalah kelengkapan surat barang yang akan Anda gadai karena kelengkapan surat dapat mempercepat pencairan dana, sehingga Anda dapat segera memulai bisnis.
4. Manfaatkan Crowdfunding
Modal perlu diupayakan dengan bergabai cara untuk mendapatkannya. Konsistensi dan kreatifitas sangat diperlukan untuk mendapatkan modal untuk berbisnis. Sekarang ini maendapatkan uang untuk modal usaha dapat diperoleh dengan memanfaatkan komputer dan sambungan internet. Mungkin banyak dari Anda yang belum familiar dengan cara yang satu ini. Trik cerdas mendapatkan modal bisnis yang satu ini memanfaatkan crowdfunding.
Sistem ini menyerupai sistem sponsorship yang telah banyak Anda ketahui. Dengan memanfaatkan cara ini Anda dapat menawarkan bisnis Anda melalui sebuah situs kemudian para pengunjung situs tersebut yang berminat dapat menjadi penyumbang. Timbal balik yang Anda berikan kepada para penyumbang tersebut dapat dalam beragam bentuk sesuai dengan apa yang Anda tawarkan dari awal. Jika berminat dengan cara ini Anda dapat mulai untuk memanfaatkan Kitabisa.com, Wujudkan.com dan situs crowdfunding lainnya.
5. Menghimpun Modal dengan Kerjasama
Saat ini terbuka berbagai macam kesempatan untuk menjalankan bisnis. Salah satunya ialah dengan cara kerjasama atau partnership. Sistem kerjasama ini juga dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan modal untuk berbisnis. Dengan melakukan kerjasama tentu beban modal yang ditanggung akan diatasi bersama rekan bisnis, sehingga Anda tidak akan merasa terbebani dalam hal menghimpun dana untuk keperluan modal.
Kerjasama memiliki beberapa tantangan seperti adanya perbedaan pendapat, perihal komunikasi dan pembagian keuntungan yang adil. Namun, tantangan tersebut dapat Anda antisipasi dengan mengenali betul rekan bisnis Anda tersebut agar semuanya berjalan sensuai rencana. Anda juga perlu mengetahui latar belakang rekan Anda tersebut dengan jelas dan detil agar Anda tidak menghadapi beberapa masalah yang berpotensi menimpa bisnis Anda.
6. Temukan Investor di Sekitar Anda
Jika Anda telah melakukan beberapa cara namun belum mendapatkan hasil yang dibutuhkan, inilah saat yang tepat untuk mencari investor dari lingkungan sekitar. Untuk mendapatkan modal tambahan Anda dapat mencari investor dari sekitar Anda.
Kelurga dan sahabat dapat menjadi investor paling setia dan konsisten untuk membantu Anda mewujudkan bisnis yang telah lama Anda inginkan. Keluarga dan sahabat sebagai orang terdekat tentu sudah memahami bagaimana Anda jadi lebih mudah untuk mengulurkan bantuan dana untuk dipakai sebagai modal bisnis.
Meskipun para investor Anda merupakan keluarga dan sahabat, Anda tetap memperlakukannya sebagaimana mestinya. Untuk mendukung keseriusan Anda dapat membuat proposal dengan sangat rinci agar mereka percaya bahwa bisnis Anda akan dijalankan secara serius. Sehingga, mereka tidak sungkan untuk menginvestasikan uangnya pada bisnis Anda.
7. Manfaatkan CSR dan PKM untuk Mendapatkan Modal
CSR atau Corporate Social Responsibility dan PKM atau Program Kreatif Mahasiswa dapat menjadi cara ampuh untuk mendapat suntikan modal. Jika Anda secara aktif mencari informasi, Anda dapat memanfaatkan CSR yang berasal dari perusahaan yang fokus ditujukan untuk membantu perekonomian masyarakat kecil.
Selain itu, jika Anda masih berstatus mahasiswa, Anda dapat mencoba untuk mengikuti program PKM yang diadakan oleh Dikti setiap tahunnya untuk membatu menampung ide bisnis mahasiswa dan memberikan bantuan dana untuk mewujudkan ide bisnis tersebut.
Untuk mendapatkan dana hibah dari perusahaan atau Dikti Anda perlu mengikuti kompetisi karena pemberian dana tidak serta-merta begitu saja karena hanya yang memenuhi kualifikasi saja yang akan terpilih mendapat dana tesebut.

Segala upaya sangat patut untuk dicoba karena jika Anda tida tidak berani atau malas menghadapi tantangan mungkin cara-cara di atas tak akan memberikan Anda hasil untuk mendapatkan modal usaha. Selamat mencoba!

Posting Komentar